Ayo Hadapi Rambut Bercabang

Rambut bercabang? Oh tidak! Suatu bencana ketika penampilan rapi dan cantik namun rambut bercabang dan rusak. Rasanya ingin menurun diri dan urung keluar rumah. Bagi banyak orang, rambut adalah aset berharga yang sangat perlu diperhatikan keapikannya. Selain menjadi mahkota, rambut juga sudah menjadi fashion dilihat dari banyaknya model rambut yang tak hanya berwarna-warni tetapi banyak memiliki gaya sendiri seperti baju dan pakaian lainnya. Dengan melakukan ini dan itu, banyak bahan kimia dari perlakuan rambut seperti smoothing, curly dan meluruskan rambut membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rusak. Ditambah alat-alatnya yang memberi panas mengakibatkan rambut kehilangan nutrisi dan dehidrasi. Rambut menjadi mudah patah, rontok bahkan bercabang. Hal ini tentu membuat kita frustrasi dalam menghadapinya.

Kenapa Rambut Menjadi Bercabang?

Pernahkah Anda berpikir mengapa rambut bisa menjadi bercabang dan rusak? Ternyata bukan hanya melakukan perlakuan rambut saja yang membuatnya rontok, patah bahkan bercabang. Faktor-faktor inilah yang membuat rambut rusak, dan berakibat menurunnya kualitas rambut. Rambut susah diatur dan kerusakannya semakin parah. memandangnya pun enggan, ingin sekali berganti rambut. Membabat habis? Oh tidak!

Kenali penyebab rambut menjadi bercabang, agar Anda sadar bagaimana rambut bercabang bisa terjadi pada Anda. Berikut adalah penyebab-penyebab rambut bercabang:

  • Perlakuan rambut coloring, smoothing, curly dan

Dengan melakukan pengecetan pada rambut, membuat rambut Anda menerima banyak bahan kimia yang saling bertumpuk mengikis nutrisi. Akibatnya rambut tidak kuat mengatasi bahan kimia yang terus bertumpuk. Ditambah lagi dengan alat pengering rambut yang menghantarkan udara panas, membuat rambut dehidrasi dan kekurangan kelembaban. Akhirnya rambut menjadi kering karena kelembapannya terkikis oleh udara panas dan bahan kimia. Maka jika Anda tidak ingin rambut bercabang, maka kurangilah penggunaan bahan kimia dan alat pengering demi menjaga kelembaban alami rambut.

  • Menyisir dan menggosok rambut saat basah

Rambut bercabang tidak hanya dikarenakan bahan kimia, namun bisa terjadi karena kebiasaan kita yang tidak disadari membuat rambut rusak. Menyisir rambut ketika basah membuat rambut menjadi rapuh dan rentan rontok. Kekuatan rambut menjadi berkurang akibatnya. Terlebih cara mengeringkannya dengan menggosok rambut menggunakan handuk. Gerakan menggosok membuat rambut rapuh dan menjadi bercabang. Jika Anda ingin mengeringkan rambut tanpa alat pengering, keringkan dengan gerakan searah dari pangkal hingga ujung rambut menggunakan handuk. Gerakan tersebut juga jangan terlalu kasar dan menekan rambut, agar rambut tidak mudah terlepas dan akhirnya rontok.

  • Asap rokok, kendaraan dan polusi lainnya.

Asap menjadi faktor lainnya yang membuat rambut menjadi bercabang karena kehilangan kelembaban. Kelembaban rambut menjadi berkurang karena asap, dan menjadi kering. Karena kering inilah rambut kehilangan nutrisi dan menjadi rapuh. Maka jika Anda bepergian, pakailah vitamin rambut agar rambut lebih kuat menghadapi polusi di luaran sana. Atau jika Anda merokok, sebaiknya kurangi jumlah rokok Anda per harinya, agar rambut Anda tidak kehilangan nutrisi dan menjadi dehidrasi oleh asap rokok.

  • Paparan sinar matahari

Rambut yang terpapar sinar matahari secara terus menerus akan membuat rambut kehilangan kelembapannya. Setelah itu rambut menjadi kering dan rapuh. Rambut pun menjadi bercabang dan memerah karena kehilangan nutrisi. Pakailah payung walaupun matahari sedang panas-panasnya, setidaknya ini untuk mengurangi paparan sinar matahari secara langsung pada rambut. Selain itu, pakailah vitamin rambut untuk memperkuat rambut menghadapi sinar matahari yang panas dan menghilangkan kelembaban rambut.

4 Cara Sederhana Menghadapi Rambut Bercabang

Lalu bagaimana jika rambut sudah terlanjur bercabang? Adakah cara untuk mengatasinya? Jawabnya adalah tentu ada. Setiap masalah pasti mempunyai penyelesaiannya sendiri. Tak terkecuali masalah rambut bercabang yang sangat gemas untuk menyingkirkannya. Rambut bercabang merupakan momok mengganggu penampilan.

Berikut adalah 4 cara mengatasi rambut bercabang :

  • Pakailah masker

Masker rambut saat ini banyak sekali dijual. Namun, jika Anda ingin membuatnya di rumah, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan seperti lidah buaya, susu, yoghurt, minyak zaitun atau minyak kelapa yang bisa dijadikan masker rambut untuk bercabang. Bahan-bahan ini sangat bermanfaat dalam merawat kesehatan rambut, dan terkenal berkhasiat mengembalikan keindahan rambut yang rusak.

Penggunaannya bahan-bahan ini pun sangat mudah, hanya perlu mengoleskannya pada rambut sesuai kebutuhan. Lalu tunggu sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air bersih dan sampo. Bahkan, bahan-bahan di atas bisa dicampur, misalnya yoghurt dengan minyak zaitun atau minyak kelapa, sedangkan lidah buaya bisa dicampur dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Percampuran bahan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Namun, jika Anda malas membuat sendiri Anda bisa membeli masker rambut untuk penanganan rambut bercabang

  • Pakailah vitamin rambut

Pakailah vitamin rambut setelah keramas agar rambut kembali ternutrisi. Namun dalam menggunakannya, jangan terlalu banyak melebihi kebutuhan rambut. Jika tidak maka rambut Anda akan beruban karena terlalu banyak vitamin.

  • Lakukan hair treatment

Pakailah serangkaian produk hair treatment yang terdiri dari sampo, kondisioner, vitamin dan tonic. Perawatan ini bisa mengembalikan kesehatan rambut Anda seperti sedia kala. Namun jika dirasa terlalu ribet, Anda bisa lakukan hair treatment di salon langganan Anda.

  • Potong rambut

Potong rambut adalah opsi terakhir jika Anda selalu gagal mengatasi rambut bercabang.

Mudah bukan cara mengatasi rambut bercabang? Ada baiknya  sebelum rambut bercabang terjadi, lakukanlah perawatan pada rambut Anda. Kurangi penggunaan bahan kimia pada saat melakukan coloring, smoothing dan bonding. Karena penumpukan bahan kimia akan berdampak pada kesehatan rambut. Rambut yang sehat dan terawat akan membuat penampilan Anda tambah bersinar.