Hidung Dungdak? Kenali dan Hadapi

“Ih…. dungdak lagi niiiih” pernah dengar tagline ini? jika iya maka kamu akan paham dengan maksud dungdak atau hidung lkamuk. Tagline ini dikenalkan sebuah iklan skincare untuk menangani hidung berkomedo yang membandel. Ya, hidung berkomedo sangat mengganggu kenyamanan. Rasanya seperti ada batu-batu yang menempel terus di hidung dan menjadikan hidung terlihat kasar dan beruntusan.

Banyak sekali orang yang mengeluhkan keadaan ini, terutama para wanita yang menjadi tidak percaya diri ketika komedo menyerang hidungnya. Rasanya enggan beranjak keluar rumah hanya karena komedo yang seperti manik-manik di baju, menempel ke mana pun kita pergi. Oleh karena itu, masalah komedo menjadi masalah yang cukup serius menyusul jerawat yang tetap mengisi kursi pertama masalah wajah.

Kenali Penyebab Komedo Muncul

Ketika ada asap, maka ada api sebelumnya. Begitu juga dengan komedo, ada berbagai hal yang membuat si kecil pengganggu ini muncul banyak di hidung. Komedo berbentuk seperti biji padi dalam ukuran yang lebih kecil lagi, berwarna hitam atau putih susu. Komedo ini membuat wajah menjadi beruntusan penuh bukit-bukit kecil mengganggu. Komedo datang dengan jumlah yang tak sedikit, sehingga penanganannya harus ekstra.

Si kecil ini mengganggu dengan ikut masuk pada pori-pori kulit wajah dan bersemayam di dalamnya. untuk mengetahui keberadaannya cukup melihat bagian mana yang beruntusan dan terasa kasar menonjol di wajah, maka di situlah si kecil komedo menyembunyikan dirinya. Berbagai hal bisa menyebabkan si kecil komedo menyerang wajahmu, dan sering kali hal-hal ini terabaikan begitu saja. Penyebabnya antara lain:

  • Wajah yang berpori besar

Wajah yang berpori-pori besar sangat rentan dengan kotoran yang masuk, termasuk komedo yang senang sekali menyumpal pori-pori yang besar. Mereka akan senang sekali bermain dan bersembunyi pada pori-pori yang besar karena mudah memasukinya.

  • Wajah yang kotor

Wajah yang kotor dan tidak dibersihkan akan menyebabkan komedo senang sekali berkumpul di wajah, bahkan tidak hanya komedo saja yang betah. Jerawat dan masalah kulit lainnya akan berdatangan menyambangi wajah yang kotor dan membuat kerusakan pada wajah. Maka sebaiknya mencuci muka dengan teratur, terutama sebelum tidur dan setelah memaki make up supaya bahan make up tidak menempel terus pada wajah.

  • Gaya hidup kurang sehat

Kamu senang sekali makan makanan junk food? Maka kamu harus segera mengurangi kebiasaan buruk ini. karena selain berdampak pada tubuh bagian dalam, wajah pun ikut mendapat dampak dari makanan kurang bergizi ini. Wajah akan senang sekali berkenalan dengan jerawat dan komedo yang menempel. Dengan mengurangi makan makanan junk food, maka kita bisa memulai hidup dengan lebih sehat lagi.

  • Handuk kotor

Setelah mencuci muka, maka wajah perlu di keringkan. Biasanya untuk mengeringkan wajah menggunakan handuk khusus wajah atau tisu. Namun, handuk yang kotor dan jarang dicuci walaupun kelihatan bersih akan menempelkan kotoran pada wajah lagi. Bukannya bersih, malah membuat wajah lebih kotor lagi. Jerawat dan komedo pun ikut memeriahkan kotornya wajah.

Rawatlah wajah kamu dan perhatikan barang apa saja yang dipergunakan untuk wajah agar tetap bersih

Dungdak Menyerang, Bagaimana Mengatasinya?

Walaupun sudah merawat dengan bersih dan rajin, komedo sering kali hadir tanpa permisi dan meresahkan. Terkadang mereka hadir tanpa pemberitahuan, membuat mood seketika jatuh. Penampilan yang tadinya sedang berada pada level baik, seketika hancur dengan adanya komedo yang menempel di wajah. Wajah menjadi beruntusan dan mengurangi kepercayaan diri.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar mengenyahkan si komedo, yaitu memakai masker dengan menggunakan beberapa bahan yang bisa kamu temui di rumah atau minimarket sekitarmu, tentunya cara membuatnya pun mudah. antara lain sebagai berikut:

  • Jeruk nipis

Buah ini kaya anti oksidan dan vitamin C yang bisa membuat wajah cerah. Selain membuat wajah cerah, jeruk juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo yang membandel. Caranya sangat mudah, pertama cuci buah ini terlebih dahulu kemudian peras hingga dapat airnya. Kemudian air perasaan jeruk dioleskan ke hidung. Tunggu hingga mengering lalu bilas dengan air. Kamu bisa lakukan hal ini 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun ada catatan khusus, jika kamu memiliki kulit sensitif sebaiknya jangan menggunakan jeruk nipis karena dikhawatirkan akan membuat wajah iritasi.

  • Oat dan madu

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, maka sebaiknya menggunakan kedua bahan ini. Campurkan 2 sendok makan oat dengan 1 sdm madu untuk membuat masker. Lalu oleskan ke hidung dan tunggu hingga kering. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan.

  • Kopi

Jika kamu pecinta kopi, maka ada baiknya ampas kopi jangan dulu dibuang. Karena ampas kopi ini bisa menghilangkan komedo yang bandel. Balurkan ampas kopi pada hidung dan biarkan hingga mengering kemudian bilas dengan air lalu keringkan. Selain itu, ampas kopi ini juga bisa menghilangkan kantung mata. Dengan cara yang sama seperti menghilangkan komedo, ampas kopi ini sangat berguna.

  • Lidah buaya

Bukan pecinta kopi? Malas beli oat? Maka pilihlah lidah buaya untuk menghilangkan komedo. Gel lidah buaya sangat bermanfaat sekali dalam perawatan kulit. Oleskan gel lidah buaya pada hidung dan biarkan hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan. Selain ampuh melawan komedo, lidah buaya juga ampuh menghilangkan jerawat, bibir pecah-pecah, muka kering bahkan masalah rambut pun bisa di atasi dengan mudah.

  • Telur

Kopi, tidak ada. Jeruk nipis, malas ke pasar. Lidah buaya, ke mana nyarinya? Cara lainnya adalah menggunakan telur. Sebutir telur mampu menghilangkan komedo yang membandel di muka. Kocok sebentar putih telur, lalu balurkan ke hidung. Tunggu hingga kering kemudian bilas dengan air.

Bagaimana? Mudah sekali bukan. Cara-cara di atas merupakan cara yang mudah dilakukan, terlebih bahan yang digunakan pun mudah ditemui. Namun jika kamu enggan menggunakan cara di atas, maka kamu bisa gunakan porepack atau clay mask untuk mengangkat komedo. Akan tetapi perlu diperhatikan jika kedua benda tersebut mempunyai efek dan tidak semua jenis kulit mampu menerima kedua benda tersebut.